√ Klarifikasi Kemendikbud Terkait Polemik Hasil Pameran Literasi Sekolah (Fls) Sma Bidang Cipta “Meme”

Polemik dan Multitafsir hasil FLS Lomba Bidang Cipta “Meme"

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan seruan maaf adanya polemik dan multitafsir di warganet terhadap hasil Festival Literasi Sekolah (FLS) Lomba Bidang Cipta “Meme”.

“Kami menyadari bahwa polemik ini muncul sebagai dampak dari kekurangcermatan kami dalam menentukan tema dan mengarahkan karya siswa, serta kekurangcermatan dalam menelaah potensi polemik yang muncul atas hasil karya meme tersebut,” demikian disampaikan Direktur Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kemendikbud, Purwadi Sutanto, di kantor Kemendikbud, Cipete, Jakarta Selatan, Senin (05/08).

“Kami sampaikan apresiasi atas masukan warganet terhadap pendekatan gres literasi sekolah yang memakai literasi visual digital pada FLS 2019,” tambahnya.

Lomba Cipta Meme yang gres pertama kalinya diselenggarakan dimaksudkan sebagai pendekatan gres seni visual digital yang berkembang dan digemari oleh kalangan kaum muda. “Dengan diselenggarakannya lomba bidang “meme” ini diperlukan gerakan literasi dapat lebih kasatmata dan lebih bersahabat dengan siswa, sekaligus mendorong mereka untuk lebih aktif dan turut menunjukkan counter dan alternatif narasi terhadap konten-konten negatif melalui ungkapan yang kreatif dan original,” jelas Purwadi

Tujuan penyelenggaraan FLS, diungkapkan Purwadi, ialah untuk menunjukkan ruang bagi para siswa berbakat dalam mengekspresikan daya cipta dan kreatifitas mereka dalam berliterasi, sekaligus untuk memperkuat gerakan literasi sekolah. “Untuk menyesuaikan perkembangan invensi teknologi digital dan imbas negatifnya terhadap remaja, terutama dalam konten-konten hoaks, maka FLS jenjang Sekolah Menengan Atas tahun 2019 lebih menekankan pada literasi visual digital, inilah salah satu tujuan lomba cipta meme tersebut diselenggarakan,” ujarnya.

Kemendikbud memberikan terima kasih atas masukan para warganet. Masukan ini menjadi materi penilaian dan perbaikan pelaksanaan FLS kedepan.



Belum ada Komentar untuk "√ Klarifikasi Kemendikbud Terkait Polemik Hasil Pameran Literasi Sekolah (Fls) Sma Bidang Cipta “Meme”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel