√ Teladan Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2019 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3. DAN 4.1 REVISI 2019

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 3.1 dan 4.1 Revisi 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.1 dan KD 4.1

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VII/1
Alokasi Waktu   : 10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Indikator
·   Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
·   Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
·   Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
·   Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·   Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih pola pengembangan isi teks

2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih pola pengembangan isi teks

3Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·   Pengertian teks deskripsi
·   Jenis teks deskripsi
·   Tujuan komunikasi teks deskripsi
·   Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
Keterampilan
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian
·   Praktik memilih pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
D.  Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
  • Siswa mendapatkan informasi perihal keterkaitan pembelajaran dikala di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat mudah untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis teks dipakai secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks mempunyai fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan teladan teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
  • Bertanya jawab perihal kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

2.  Kegiatan Inti
Bagian A dan B KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan Pertama (6 JP)
  • Membaca banyak sekali teladan teks deskripsi
  • Menanya perihal ciri teks deskripsi dan jenis teks deskripsi
  • Menggali informasi
  • Mendaftar informasi terkait ciri tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
  • Membaca banyak sekali teori dari banyak sekali sumber termasuk pada buku siswa
  • Menalar
  • Mendiskusikan ciri umum teks deskripsi
  • Menyimpulkan ciri teks deskripsi dan jenis teks
  • Mengomunikasikan
  • Mempresentasikan hasil diskusi
Pertemuan kedua ( 4 JP)
  • Mengamati judul teks
  • Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
  • Menggali informasi
·         Membaca beberapa teks deskripsi
  • Menalar
·         Mendiskusikan isi teks
·         Memetakan isi teks
·         Membandingkan isi beberapa teks
·         Menyimpulkan cara memahami isi teks
  • Mengomunikasikan
·         Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks
3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan yaitu minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
  • Siswa mendapatkan penyampaian perihal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Pilihan ganda
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Lingkarilah pada tanggapan yang tepat!
          1.      Objek teks deskripsi bersifat … dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.
a.       umum     b. khusus             c. pribadi              d. luas

           2.      Objek/Hal yang Dideskripsikan dalam teks tersebut yaitu ….
a.       nama ayahku                                             c. sifat ayahku
b.      kehidupan ayah yang mengerikan             d. sosok ayahku
           3.      Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah
a.       ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan
b.      nama, wajahnya, orang Batak
c.       rambutnya, dagunya, jenggotnya
d.      sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiam
4.      Hal yang menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis, merupakan … dari
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
            5.      Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal, merupakan ciri ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        6.      Teks yang diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, menggambarkan secara konkret,  dan bersifat personal dengan kandungan emosi merupakan ….
a.       manfaat teks deskripsi                              c. objek teks deskripsi
b.      tujuan teks deskripsi                                 d. isi teks deskripsi
        7.      Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi … dan teks deskripsi yang menjadi bab teks lain.
a.       berdiri sendiri sebagai teks                        c. berupa kalimat        
b.      berupa paragraph                                       d. berupa buku
8.      Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Kalimat tersebut …
a.        seakan sanggup dilihat                                  c. seakan sanggup dirasakan
b.       seakan sanggup didengar                              d. seakan sanggup diraba
         9.      Teks deskripsi memakai majas untuk menggambarkan/ melukiskan objek. Kalimat berikut yang bermajas yaitu ….
a.       Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun.
b.      Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar.
c.       Beliau selalu menawarkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya.
d.      Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam.
          10.  Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa, kecuali ….
a.       Menggunakan kata-kata umum                 c. Menggunakan kata sinonim
b.      Menggunakan kalimat rincian                   d. Menggunakan majas


2.  Penilaian Keterampilan
Teknik             : Produk
Instrumen        :
      Tugas
·   Memetakan pengembangan isi
·   Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
·   Praktik memilih pola pengembangan isi teks
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat       : buku, infokus
Bahan              : teks deskripsi
Sumber Belajar:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2019.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 1 s.d 12.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2019.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 33 s.d 39.

                                                                                         



= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "√ Teladan Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3. Dan 4.1 Revisi 2019 (Semester 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel