√ Teladan Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2019 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.2 REVISI 2019

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP KD 3.2

Nama Sekolah    :  
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   : VII/1
Alokasi Waktu   :10 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2  Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Indikator
·         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
·         Menentukan bab identifikasi dan deskripsi bab pada teks deskripsi yang disajikan
·         Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
·         Menelaah bab struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
·         Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi
·         Karakteristik tiap bab teks deskripsi
·         Contoh cara melengkapi teks deskripsi
·         Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
·         Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
·         Praktik melengkapi kata/ kalimat
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ejaan pada teks deskripsi

       2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi
·         Karakteristik tiap bab teks deskripsi
·         Contoh cara melengkapi teks deskripsi
·         Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
·         Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks deskripsi (melengkapi bab identifikasi/ citra umum, deskripsi bagian)
·         Praktik melengkapi kata/ kalimat
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ejaan pada teks deskripsi
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur teks deskripsi (identifikasi, deskripsi bagian)
·         Contoh variasi bab identifikasi
·         Contoh variasi pengembangan deskripsi bagian
·         Cara membuatkan paragraf pada deskripsi bagian
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
·         Contoh benar dan pola salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan
·         Contoh penggunaan sinonim dan hiponim untuk memvariasikan
·         Prinsip mengurutkan teks deskripsi
·         Prinsip membuatkan teks deskripsi paragraf rincian menurut kata kunci
·         Prinsip membuatkan paragraf pada teks deskripsi
·         Prinsip memakai kata benda/ faras benda, kata / frasa sifat, kata
·         keterangan tempat, kalimat rincian, kalimat bermajas, sinonim kata
·         Prinsip pengembangan paragraf
·         Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bab teks deskripsi
·         Praktik melengkapi unsur-unsur teks deskripsi
·         Praktik menciptakan teks deskripsi dengan kata kunci yang disediakan
·         Praktik menyunting teks deskripsi
Sikap yang ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
D.  Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
·         Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
·         Guru bertanya-jawab perihal bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sanggup menggairahkan penerima didik untuk belajar.
·         Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
·         Bertanya jawab perihal manfaat pembelaaran yang akan dipelajari.
·         Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2.  Kegiatan Inti
Bagian C prakonstruksi KD 3.2 dan 4.2
Pertemuan ke-1 (4 JP)
·         Mengamati tabel struktur teks deskripsi
·         Menggali informasi perihal karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
·         Menalar
·         Mengidentifikasi struktur teks deskripsi
·         Menukarkan hasil

Pertemuan ke-2 ( 3 JP)
·         Mengamati teks yang belum lengkap
·         Mempertanyakan cara melengkapi bab struktur
·         Menggali informasi cara
·         Melengkapi dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
·         Mendiskusikan
·         Bagian yang sempurna untuk melengkapi
·         Menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur

Pertemuan ke-3 (3 JP)
·Membaca dan mengamati pola penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
·Menanya
·Bagaimana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
·Menggali informasi
·Membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan perihal prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
·Bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
·Memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
·         Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan yaitu minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas.
·         Siswa mendapatkan penyampaian perihal aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik            :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
1.      Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
2.      Identifikasi/ citra umum Berisi ….
3.      Deskripsi bab Berisi….
4.      Sebutkan Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian!
5.      Sebutkan penggunaan tanda koma (,) yang kau ketahui!
6.      Sebutkan penggunaan aksara kapital yang kau ketahui!
7.      Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jikalau …. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bab barat, di samping).
8.      Fonem k, p, t, s luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan aksara k, p, t, s. tuliskan contohnya!
9.      Fonem k, p, t, s tidak luluh jikalau sesudah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contohnya!
10.  Gantilah dengan kata yang bermakna sama
Sungguh elok pemandangan di Raja Ampat
Air bahari di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat.
Koral itu seolah-olah jamur yang sesungguhnya
Pasir putih nan lembut berpadu dengan batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di bahari dangkal itu beragam.
Keindahan alami pulau itu sangat menakjubkan

Kunci jawaban
1.      Identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
2.      Nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum perihal objek.
3.      Deskripsi bab Berisi perincian bab apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
4.      Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi bab menurut ruang. (2) Deskripsi bab menurut anggota bagian- bab objek. (3) Deskripsi bab menurut proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi bab berupa pemfokusan.
5.      Tanda koma (,) digunakan (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. (2) digunakan di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
6.      Huruf kapital digunakan sebagai aksara pertama nama diri atau nama diri geografi jikalau kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya gesekan Jepara, sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
7.      Diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
8.      Misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina)
9.      Misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi.
2.  Penilaian Keterampilan
Ubah dan lanjutkan deskripsi berikut sesuai dengan kondisi sekolahmu!
SMPN Merdeka merupakan salah satu sekolah pujian di daerahku. Sekolahku terletak di pinggir kota Malang. Tepatnya, sekolahku berlokasi di Jalan Sukarno 28.Sekolah kebanggaanku ini memiliki akomodasi yang lengkap.Sekolahku sangat asri dan nyaman. ………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………….
……………………………
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat                  :  Buku, infokus.
Bahan                         :  Teks deskripsi.
Sumber Belajar            :    
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 18 s.d 35.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 39 s.d 42.





= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "√ Teladan Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.2 Revisi 2019 (Semester 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel