√ Pola Rpp Seni Budaya Seni Rupa Smp Kelas 7 Revisi 2019
CONTOH RPP SENI BUDAYA SENI RUPA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 REVISI 2019 |
Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Seni Budaya Seni Rupa Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Seni Budaya Seni Rupa Kelas 7 menurut Silabus Seni Budaya Seni Rupa Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Seni Budaya Seni Rupa Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.1 dan 4.1 Revisi 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Gambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Alokasi Waktu : 6 JP (2 Pertemuan)
A. Kompetensi inti :
KI-1 | : | Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya |
KI-2 | : | Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. |
KI-4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda dengan banyak sekali bahan | 3.1.1 Menjelaskan unsur menggambar flora, fauna danalam benda 3.1.2 Menjelaskan prinsip menggambar flora, fauna,dan alam benda. 3.1.3 Menjelaskan tehnik menggambar flora, fauna,dan alam benda. 3.1.4 Menjelaskan mekanisme menggambar flora, fauna,dan alam benda. |
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda | 4.1.1 Membuat rancangan gambar flora, fauna, dan alam benda dengan memakai pensil 2B. 4.2.1 Menyelesaikan rancangan gambar flora, fauna, dan alam benda dengan memakai banyak sekali materi pewarna. |
C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan.1.
Selama dan sehabis mengikuti pembelajaran akseptor didik diharapkan mampu :
3.1.1. Menjelaskan secara tertulisunsur menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.2. Menjelaskan secara tertulisprinsip menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.3. Menjelaskan secara tertulis teknik menggambar flora, fauna, dan alam benda.
3.1.4. Menjelaskan secara tertulis mekanisme menggambar flora, fauna, dan alam benda.
Pertemuan.2.
Selama dan sehabis mengikuti pembelajaran akseptor didik diharapkan bisa :
4.1.1. Membuat gambar denah flora, fauna, dan alam benda
4.1.2. Menebalkan gambar denah flora, fauna, dan alam benda
4.1.3. Memberi warna pada gambar flora, fauna, dan alam benda’
4.1.4. Finishing pada gambar flora, fauna, dan alam benda’
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
Pertemuan.1.
Ø Unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna, dan alam benda
Pertemuan.2
Ø Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda.
2. Materi pembelajaran remedial
Ø Unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna, dan alam benda
Ø Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda
3. Materi pembelajaran pengayaan
Ø Pembuatan gambar dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar selain flora.
Ø
E. Metode Pembelajaran
Ø Model Pembelajaran 1: Inquiry / Discovery Learning.
Ø Model Pembelajaran 2:
F. Media dan bahan
Media
Ø Media LCD projector,
Ø Laptop,
Ø Pensil 2B dan penghapus
Bahan
Ø Bahan Tayang
Ø Kertas gambar A3
Ø Bahan untuk mewarnai gambar
G. Sumber Belajar
Ø Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ø Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ø Sumber lain :
ü Gambar flora, fauna, dan alam benda dari internet (www.google.com)
H. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru dan Siswa
| 10 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 100 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 10 menit | ||||||||||||||
3. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru dan siswa
· Memberitahukan materi pelajaran tentang unsur,prinsip,teknik dan mekanisme menggambar flora,fauna,dan alam benda.
· Menyampaikan lingkup evaluasi pada materi pelajaran ihwal unsur,prinsip,teknik dan mekanisme menggambar flora,fauna,dan alam benda. | 20 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 90 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 10 menit |
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Sikap spiritual/sosial
JURNAL SIKAP
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | TTD | Tindak lanjut |
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1. Teknik penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Test uraian
Kisi-kisi :
No | Indikator | Jumlah Butir Soal | No. Butir Soal |
1. | Menuliskan unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda | 2 | 1 & 2 |
2. | Mengkategorikan unsur,prinsip,teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda | 2 | 3 & 4 |
3. | Membuat kesimpulan materi menggambar flora, fauna dan alam benda. | 1 | 5 |
2. Teknik penilaian : Tes lisan
Bentuk Instrumen : Laporan presentasi
Kisi-kisi :
No | Indikator | Jumlah Butir Soal | No. Butir Soal |
1. | Mempresentasikan hasil diskusi ihwal materi flora, fauna dan alam benda. | 1 | 1 |
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Unjuk kerja
© Membuat gambar tanaman dengan objek yang dipilih oleh akseptor didik
2) Produk.
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remidial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM.
v Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
© Menggambar dengan memakai teknik dan mekanisme yang benar.
© Mempelajari unsur,prinsip,teknik dan mekanisme menggambar flora,fauna,dan alam benda.
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
v Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya perbedaan penggunaan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda.
30 Maret 2019
Mengetahui
Kepala SMP, Guru Mata Pelajaran,
Link Dowload
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 1 (CONTOH) unduh disini ,
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 2 (CONTOH) unduh disini ,
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 3 (CONTOH) unduh disini ,
RPP SENI BUDAYA KLS7 K13, SENI RUPA, BAB 4 (CONTOH) unduh disini ,
Belum ada Komentar untuk "√ Pola Rpp Seni Budaya Seni Rupa Smp Kelas 7 Revisi 2019"
Posting Komentar