√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2019 (Semester 1)
CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.5 DAN 4.5 REVISI 2019 (SEMESTER 1) |
Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.5 dan 4.5 Revisi 2019
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.5 DAN 4.5
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 8 JP
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengidentifikasi teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara menciptakan masakan khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
Indikator
- Menentukan ciri umum teks mekanisme pada teks yang dibaca/didengar.
- Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks mekanisme pada teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan jenis teks mekanisme pada teks yang dibaca/didengar.
4.5 Menyimpulkan isi teks mekanisme wacana cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dan/atau masakan khas daerah) yang dibaca dan didengar.
Indikator
- Meringkas urutan isi teks prosedur
- Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
- Mendemonstrasikan cara melaksanakan suatu pekerjaan dari final teks yang didengar
C. Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
- Pola pengembangan isi pada teks prosedur
- Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
- Memetakan urutan isi teks prosedur
- Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
- Praktik memilih pola pengembangan isi teks
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
- Pola pengembangan isi pada teks prosedur
- Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
- Memetakan urutan isi teks prosedur
- Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan, apa saja informasi rincian
- Praktik memilih pola pengembangan isi teks
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
- Pola pengembangan isi pada teks prosedur
- Ciri kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan
Keterampilan
- Memetakan urutan isi teks prosedur
- Praktik memahami isi teks mekanisme (menjawab pertanyaan hal yang dijelaskan,
- apa saja informasi rincian
- Praktik memilih pola pengembangan isi teks
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi berguru dan mengabsen penerima didik.
- Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks mekanisme dalam kehidupan sehari-hari. Buku-buku resep masakan tradisional sanggup menjadi pintu masuk pembelajaran.
- Siswa ditugaskan untuk membayangkan kalau tidak mempunyai goresan pena wacana resep tradisional. Apa sanggup generasi mendatang memasak dan menciptakan obat tradisional atau menarikan tari tradisionalnya?
- Pada bab awal ini siswa disadarkan adanya teks mekanisme dalam komunikasi nyata (pada buku resep, manual cara memakai alat, dan ragam komunikasi yang lain). Ini bertujuan semoga siswa lebih menyadari manfaat mudah untuk berkontribusi dalam masyarakat. Untuk menarik perhatian sanggup ditayangkan video cara membuat/ cara melakukan/ memeragakan suatu langkah dan siswa mencoba.
- Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
2. Kegiatan Inti
Bagian A dan B : Dekonstruksi
Pertemuan Pertama (4 JP)
- Mengamati banyak sekali pola buku resep, cara memainkan alat, cara menggunakan/ manual (membuat makanan, cara memakai alat, cara melakukan)
- Menanya
- Ciri, tujuan, dan jenis teks prosedur
- Menggali informasi
- Membaca bab A buku siswa wacana bermacam-macam pola teks prosedur
- Menalar
- Berdiskusi wacana ciri, tujuan, dan jenis teks prosedur
- Mengomunikasikan
- Menempelkan hasil diskusi dan membahas bersama wacana ciri umum, tujuan, isi, jenis teks prosedur
Pertemuan Kedua (4 JP)
- Mengamati dua judul teks Membuat Batik dan Mencuci Tangan
- Menanya
- Apa isi yang harus ada pada teks dan bagaimana cara membaca secara akurat teks prosedur
- Berdiskusi menyimpulkan isi teks, cara menemukan informasi cara membuat/ memakai secara akurat pada teks
- Menalar
- Menyimpulkan hasil diskusi
- Mempresentasikan hasil
3. Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan aktivitas pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
- Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
- Siswa diwajibkan membaca buku banyak sekali resep tradisional, cara menciptakan cindera mata kawasan (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa sanggup mencatkan jam membaca secara jujur.
- Siswa mendapatkan penyampaian wacana aktivitas pembelajaran pertemuan berikutnya.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Apa tujuan teks prosedur?
- Sebutkan 3 ciri teks mekanisme dari segi isinya?
- Sebutkan ciri-ciri bahasa yang dipakai dalam teks prosedur?
- Berdasarkan tujuannya teks mekanisme dibagi menjadi tiga jenis yaitu …..
Kunci jawaban
- Tujuan teks mekanisme menjelaskan aktivitas yang harus dilakukan semoga pembaca / pemirsa sanggup secara sempurna dan akurat mengikuti sebuah proses menciptakan sesuatu, melaksanakan suatu pekerjaan, atau memakai suatu alat.
- Ciri teks mekanisme dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkah-langkah yang harus dilakukan, (b) hukum atau batasan dalam hal bahan/ aktivitas dalam melaksanakan kegiatan, (c) isi aktivitas yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).
- Ciri bahasa yang dipakai (a) kalimat perintah alasannya ialah pada teks mekanisme pembaca berfokus untuk melaksanakan suatu kegiatan, (b) Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan semoga diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit), (d) memakai kelompok kalimat dengan batasan yang terang (rebus sampai menjadi bubur, lipat bab ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).
- Berdasarkan tujuannya teks mekanisme dibagi menjadi tiga jenis yaitu (a) teks mekanisme untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara memakai alat, (b) teks mekanisme untuk memandu cara menciptakan (ada bahan, cara, dan langkah), dan (c) teks mekanisme untuk memandu cara melaksanakan sebuah aktivitas (cara menari, cara melaksanakan senam)
2. Penilaian Keterampilan
Kegiatan
- Tulislah ringkasan urutan langkah menciptakan batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri!
- Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri!
- Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis semoga mencapai hasil maksimal dalam menciptakan batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
- Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis semoga mencapai hasil maksimal dalam melaksanakan basuh tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!
- Tulislah final langkah gerakan tari poco-poco dengan bahasa sendiri lalu peragakan secara kelompok di depan kelas!
- Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks mekanisme yang kau pahami.
- Lakukan secara berkelompok! Kesesuaian langkah, kekompakan, dan ketepatan gerakan menjadi unsur yang dinilai pada peragaanmu.
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas aktivitas pembelajaran remedial sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
F. Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, video.
Bahan : Contoh teks prosedur
Sumber Belajar :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 81 s.d 97.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 61 s.d 67.
Belum ada Komentar untuk "√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.5 Dan 4.5 Revisi 2019 (Semester 1)"
Posting Komentar