√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2019 (Semester 1)

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS 7 KD 3.6 REVISI 2019 (SEMESTER 1)

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1 KD 3.6 Revisi 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.6

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/1
                                    Alokasi Waktu   :  8 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme wacana cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara menciptakan kuliner khas daerah, dll.) dari aneka macam sumber yang dibaca dan didengar.
Indikator
  • Menguraikan struktur teks mekanisme dan ciri bagian-bagiannya.
  • Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur.
  • Menelaah hasil melengkapi teks mekanisme dari segi struktur dan kaidah bahasa.
  • Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca.

C.  Materi Pembelajaran
  1.  Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Struktur teks prosedur.
  • Karakteristik tiap bab teks prosedur.
  • Contoh cara melengkapi teks prosedur.
  • Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
  • Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar.

Keterampilan
  • Praktik melengkapi struktur teks mekanisme (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, mekanisme bagian).
  • Praktik melengkapi kata/kalimat.
  • Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.


2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Struktur teks prosedur.
·         Karakteristik tiap bab teks prosedur.
·         Contoh cara melengkapi teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, kata sambung urutan, kalimat perintah, kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur.
·         Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar.

Keterampilan
·         Praktik melengkapi struktur teks mekanisme (melengkapi bab identifikasi/gambaran umum, mekanisme bagian).
·         Praktik melengkapi kata/kalimat.
·         Praktik menciptakan telaah ketepatan struktur dan penggunaan bahasa/ tanda baca/ ejaan pada teks prosedur.

3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Struktur teks mekanisme (tujuan, materi dan alat, langkah).
·         Contoh variasi bab (tujuan, materi dan alat, langkah).
·         Cara menyebarkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Contoh benar dan pola salah penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca/ ejaan.
·         Prinsip mengurutkan teks prosedur.
·         Prinsip menyebarkan teks mekanisme paragraf rincian.
·         Prinsip menyebarkan paragraf pada teks prosedur.
·         Prinsip memakai kata kalimat pada teks prosedur.
·         Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf.
·         Prinsip penggunaan ejaan dan tanda baca.

Keterampilan
·         Praktik mengurutkan bab teks prosedur.
·         Praktik melengkapi unsur-unsur teks prosedur.
·         Praktik menyusun bagian-bagian teks prosedur.
·         Praktik menyunting.

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1  Pendahuluan
·      Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen penerima didik.
·      Guru bertanya-jawab wacana bentuk teks mekanisme yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
·      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
·      Bertanya jawab wacana manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
·      Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.  Kegiatan Inti
Bagian B: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
·         Mengamati tabel struktur teks prosedur.
·         Menggali informasi wacana karakteristik tujuan, langkah, dan epilog teks prosedur.
·         Latihan mengidentifikasi struktur teks mekanisme dan ciri-ciri tiap bagian.
·         Diskusi menyimpulkan karakteristik struktur dan cara mengenali struktur.
·         Mengomunikasikan pada diskusi kelas dan guru menawarkan penguatan.

Pertemuan Kedua (2 JP)
·         Mengamati urutan kalimat acak (bagian struktur yang acak).
·         Mempertanyakan cara mengurutkan.
·         Menggali informasi cara Mengurutkan.
·         Mempresentasikan hasil urutan dan saling menilai.

Pertemuan Ketiga (2 JP)
·         Membaca dan mengamati pola kesalahan penggunaan kata, kalimat, tada baca/ ejaan.
·         Berdiskusi alasan kesalahan.
·         Bermain memperbaiki kesalahan.

Pertemuan Keempat (2 JP)
·         Mengamati teks mekanisme yang belum lengkap.
·         Mempertanyakan bagaimana cara melengkapi.
·         Menggali informasi.
·         Membaca pola variasi struktur teks.
·         Berdiskusi.
·         Melengkapi teks prosedur.
·         Menelaah hasil melengkapi teks prosedur.
·         Mengomunikasikan hasil.

3.  Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
·         Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
·         Siswa mendapatkan umpan balik wacana proses pembelajaran.
·         Siswa diwajibkan membaca buku aneka macam resep tradisional, cara menciptakan cindera mata kawasan (tenun, batik, tapis, ulos), cara memainkan alat musik daerah, dan lain-lain. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca. Siswa bisa mencatkan jam membaca secara jujur.
·         Siswa mendapatkan penyampaian wacana acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks prosedur.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan struktur teks prosedur!
  2. Bagian yang menyebutkan apa yang dibentuk atau dilakukan dan penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau acara yang akan dibentuk panduannya, dengan memakai pilihan kata yang bisa menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif ibarat “susah dilaksanakan” atau “akan memakan waktu lama”) dalam teks mekanisme terdapat pada bab ….
  3. Langkah dalam teks mekanisme bisa disajikan dalam dua bentuk, sebutkan!
  4. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan waktu, contohnya ….
  5. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan urutan, contohnya ….
  6. Cara menciptakan epilog teks mekanisme ialah dengan …..
  7. Kalimat yang mengandung makna memerintah atau meminta seseorang untuk melaksanakan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya disebut ….
  8. Ciri-Ciri Kalimat Perintah ialah ….
  9. Kelas kata yang menawarkan keterangan kepada kata lain, ibarat verba (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat) disebut ….
  10. Buat kalimat perintah dengan memakai akhiran –i dan akhiran – kan!

Kunci jawaban
  1. Tujuan, materi dan alat, langkah, penutup.
  2. Bagian Pendahuluan (Pernyataan tujuan).
  3. Langkah dalam teks mekanisme bisa disajikan dalam dua bentuk, yaitu: (a) dalam bentuk uraian paragraf memakai kata ..pertama, …., kedua, ketiga …., dan, (b) dalam bentuk penomoran pada setiap langkah dengan urutan ke bawah.
  4. Kemudian, ketika, sebelum, sementara, setelah itu.
  5. Pertama, kedua, ketiga.
  6. Merujuk kembali ke hal-hal pokok yang disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dengan kata yang lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang untuk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil acara yang dilakukan).
  7. Kalimat perintah.
  8. Adverbia atau kata keterangan
  9. Ciri-Ciri Kalimat Perintah adalah: (1) Intonasi pada bab tengah kalimat naik atau meninggi, (2) Diakhiri dengan tanda baca seru (!), (3) Kalimat perintah memakai pola inverse, (4) Biasanya memakai partikel lah ataupun kan.
  10. Taburi roti yang sudah masak dengan keju parut. Dan Taburkan keju parut pada roti yang sudah matang.

2.  Penilaian Keterampilan
Bermain Peduli dan cinta bahasa Indonesia.
Bermainlah sambil menunjukan kepedulianmu terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Dalam permainan ini gurumu akan membagi menjadi dua kelompok besar. Tiap kelompok akan mencari penggunaan kalimat yang salah pada teks prosedur. Kamu sanggup mencari di semua media massa atau media sosial. Kemudian kau telaah mengapa kalimat itu salah.Setelah kau telaah kesalahannya kau perbaiki.Tulis tiap kalimat, telaah kesalahan, dan perbaikannya pada kertas terpisah. Secara ringkas lakukan acara berikut!
  • Carilah kesalahan penggunaan kalimat pada teks mekanisme pada aneka macam media massa/ media sosial!
  • Bacalah aneka macam buku yang menjelaskan kaidah penggunaan bahasa Indonesia (penggunaan kalimat perintah, teks prosedur, penggunaan tanda baca dan aksara kapital)
  • Telaahlah mengapa kalimat tersebut salah!
  • Perbaiki kalimat bab teks mekanisme yang salah.
  • Tulis ketiga bab pada separoh kertas ukuran HVS secara terpisah. Satu bab satu kertas (kalimat salah, alasan kesalahan, kalimat perbaikan)

Aturan Permainan
Gurumu akan memandu bermain tabrak cepat memasangkan puzzle yang kau buat secara kelompok. Tiap anggota menerima tiga kartu kalimat dan harus memasangkan pada tabel yang tepat. Anggota kelompok lain boleh saling membantu hanya sekali saja. Gurumu akan menjadi juri ketepatan dan kecepatan kelompokmu dalam menuntaskan permainan ini. Kelompok yang menciptakan pola secara tepat, memasangkan pada tabel secara tepat, dan paling cepat menuntaskan menjadi pemenang permainan ini.

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik penerima didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat          : Buku, video.
Bahan                 : Contoh teks prosedur
Sumber Belajar   :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 98 s.d 115.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 68 s.d 69.





= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kd 3.6 Revisi 2019 (Semester 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel