√ Mempercepat Loading Blog Menggunakan Lazy Load

Bagi kalian yang menggunakan blognya sebagai salah satu sumber penghasilan pastinya sudah tidak ajaib lagi dengan Google AdSense. Google AdSense merupakan produk Google yang menjadi salah satu alasan dan daya tarik publisher untuk lebih mengembangkan situsnya. Meskipun tidak semuanya memiliki alasan yang sama. Di sisi lain AdSense ialah salah satu penyumbang loading alasannya ialah ialah iklan yang ditampilkan JS AdSense akan menurunkan kecepatan loading blog kita meskipun JS AdSense sudah menggunakan asynchronous, namun tetap saja masih akan membuat blog menunggu lebih lama untuk dimuat.
Di sini saya akan mengatakan tumpuan gambar perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan trik Lazy Load AdSense ini. 

Di bawah ini tumpuan gambar sebelum menggunakan trik Lazy Load AdSense :

Dan ini menggunakan PageSpeed Insights Google

Pada pengecekan situs PageSpeed Insights menerima hasil 95 untuk Desktop dan 50 untuk Mobile. Kurang cepat memang. Namun sesudah saya pasang kode Lazy Load AdSense akhirnya menjadi lebih baik dari sebelumnya ibarat pada gambar di bawah ini :

Dan ini menggunakan PageSpeed Insights Google

Setelah dipasang untuk PageSpeed Insights menerima hasil 97 untuk Desktop dan 90 untuk Mobile. Itu, masih belum sempurna untuk Mobile namun setidaknya ada sedikit peningkatan dari sebelumnya.

Nah, bagi kalian yang ingin mempercepat loading blognya silakan ikuti tips berikut ini.

Mempercepat Loading Blog dengan Lazy Load AdSense

Cara kerja dari kode ini cukup sederhana, yaitu iklan akan muncul sesudah kita menggulir halaman. Makara JS AdSense tidak akan muncul sebelum kita menggulir halaman situs.

Tips ini ditujukan untuk kalian yang sudah memasang AdSense di blognya. Bagi yang belum, kode yang akan saya bagikan ini mampu dimanfaatkan untuk kebutuhan lain misalnya memuat link JS eksternal.

Buka Blogger > Klik sajian Tema > Klik tombol Edit HTML > Tambahkan kode di bawah ini sebelum </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ // Lazy Load AdSense var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0); //]]> </script>

Jika belum, pastikan untuk menghapus semua link JS AdSense yang biasanya terpasang pada kode unit iklan AdSense. Seperti ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Setelah ditambahkan klik tombol Simpan tema dan selesai.

Mungkin kalian bertanya, apakan kode ini aman untuk AdSense kita?

Jawabannya tentu saja aman. Karena Google pun menyarankan untuk mempercepat loading blog ibarat halnya memasang kode Lazy Load Image untuk mempercepat loading gambar pada halaman situs.

Dan apakah akan berpengaruh ke pendapatan AdSense blog kita?

Untuk yang ini saya belum tahu, alasannya ialah ialah saya sendiri baru memasangnya sekitaran 2 mingguan. Kita lihat saja progresnya kedepan, jikalau pendapatan berkurang mungkin memang bukan rezeki kita.

Belum ada Komentar untuk "√ Mempercepat Loading Blog Menggunakan Lazy Load"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel