√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2019 Kd 4.14 Dan 31.5

Untuk materi Referensi Bagi Bapak dan Ibu guru Bahasa Indoenesia Sekolah Menengah Pertama yang sedang menciptakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 menurut Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama tahun 2019. Berikut ini Contoh RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 2 KD 4.14   Revisi 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD 4.14)

Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  6 JP


A.  Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian D:
4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
Indikator
  • merencanakan penulisan surat eksklusif dan surat dinas.
  • menulis surat eksklusif dan surat dinas dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
  • menyunting surat eksklusif dan surat dinas dari segi isi, struktur, dan bahasa.

C.  Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Kegiatan D
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis surat eksklusif dan surat dinas dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menawarkan narasi mulut untuk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.
Keterampilan
·         Praktik menulis surat eksklusif dan surat dinas dari objek sekitar yang diamati.
·         Praktik menawarkan narasi mulut untuk video/ objek.
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat.

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
·         Contoh langkah penyusunan surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi judul pada surat eksklusif dan surat dinas.
·         Contoh variasi identifikasi.
·         Contoh variasi rincian bagian.

Keterampilan
·         Praktik menulis surat eksklusif dan surat dinas dari objek sekitar yang diamati
·         Praktik menawarkan narasi mulut untuk video/ objek
·         Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat

Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
2.      Guru bertanya-jawab perihal surat eksklusif dan surat dinas yang telah dipelajari dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.      Dibuka dengan hal-hal yang sanggup menggairahkan suasana mencar ilmu dan ada hubungannya dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5.      Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
6.      Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

  1. Kegiatan Inti
Bagian C: Prakonstruksi
Pertemuan Pertama (2 JP)
1.      Mengamati masalah/ Menulis garis besar isi surat dan tujuan surat
2.      Mempertanyakan langkah menciptakan surat eksklusif dan surat dinas dengan mengamati objek/ masalah/ perasaan
3.      Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis surat eksklusif dan surat dinas
4.      Latihan menyusun surat eksklusif dan surat dinas menurut objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang ditemukan

Pertemuan Kedua (2 JP)
1.      Mengamati referensi surat
2.      Latihan menciptakan kerangka dan tujuan surat
3.      Menggali informasi
4.      Mencari data dari objek yang dipilih
5.      Mendata kata kunci
6.      Menalar
7.      Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
8.      Identifikasi menurut bermacam-macam referensi variasi pembukaan , inti, epilog surat.
9.      Mencipta dan mengomunikaskan

Pertemuan Ketiga (2 JP)
1.      Mengamati referensi kesalahan perbaikannya
2.      Menanya belahan mana yang salah, mengapa salah, bagaimana cara memperbaiki
3.      Menggali informasi
4.      Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis
5.      Memperbaiki

3.  Penutup
1.       Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
3.      Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.
4.      Siswa ditugaskan untuk membaca surat Kartini dan Surat terbuka untuk presiden, atau buku perihal surat menyurat dalam bahasa Indonesia. Hasil bacaanya dituangkan pada jurnal harian kau membaca. Kamu sanggup mencatatkan jam kau membaca secara jujur.
5.      Siswa mendapatkan penyampaian perihal acara pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Teknik       :  Tes tulis dan penugasan
Bentuk      :  Isian dan kiprah yang dikerjakan secara individu
Indikator Soal       :
1.      Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Jenis goresan pena yang berisi keperluan eksklusif antara satu orang dengan orang yang lain disebut ….
  2. Surat eksklusif mempunyai beberapa bagian, ialah ….
  3. Ragam bahasa khusus (bahasa gaul, funky) hanya dipakai kepada ….
  4. Salam kangen, Salam hormat!, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Adalah merupakan referensi penerapan dalam surat belahan ….
  5. Dalam menulis surat eksklusif kau juga perlu memerhatikan penggunaan salam pembuka, kalimat pembuka paragraf pertama, dan kalimat penutup. Ketiga hal tersebut mencerminkan ….

2. Penilaian Keterampilan
1. Buatlah surat eksklusif dengan konteks berikut ini!
a. Kamu sangat terkejut dan sekaligus bangga alasannya menerima hadiah ulang tahun dari saudara sepupumu yang berada jauh.
b. Kamu mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibumu dan harapan-harapanmu.
2.  Sekarang kau akan menulis surat dan mengirimkannya kepada seseorang secara nyata.
a.  Tulislah surat kepada ibumu untuk mengucapkan terima kasih. Simpanlah dan berikan pada Hari Ibu.
b.  Tulislah surat kepada gurumu. Simpan dan berikan pada Hari Guru! Berilah kejutan kepada guru-gurumu! Tulis dalam bentuk email!
3. Latihan Berpikir Kreatif Menulis Surat Dinas
a.  Rencanakanlah sebuah surat dinas yang akan kau tujukan kepada wakil kepala sekolah belahan kesiswaan dengan maksud meminta penambahan ekstrakurikuler sesuai dengan hobi kalian!
b.  Tulislah surat kepada Kepala Sekolahmu untuk mengusulkan suatu perbaikan berkaitan dengan pendidikan di sekolahmu! Tulis dalam bentuk email!
4.  Suntinglah surat dinasmu dengan pedoman berikut.
a) Apakah surat saya sudah lengkap secara struktur? Silahkan perhatikan struktur berikut? Berilah tanda centang!
ü   Kepala surat
ü   Nomor dan tanggal
ü   Jumlah lampiran
ü   Perihal
ü   Alamat surat
ü   Salam pembuka
ü   Paragraf pembuka
ü   Inti surat
ü   Paragraf penutup
ü   Salam penutup
ü   Nama dan tanda tangan
b)  Apakah bahasa yang saya gunakan sudah sesuai dengan etika dan ragam bahasa baku yang diubahsuaikan dengan akseptor surat?
c)  Apakah surat saya sudah benar secara ejaan dan tanda baca?
d)  Kirimkan surat tersebut kepada wakil kepala sekolah belahan kesiswaan!
Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

3.      Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

4.      Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/alat : Buku, Infokus.
Bahan       : Contoh langkah penyusunan surat eksklusif dan surat dinas, Contoh variasi judul pada surat eksklusif dan surat dinas, Contoh variasi identifikasi, Contoh variasi rincian bagian
Sumber Belajar
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 268 s.d 273.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2019. Halaman 127 s.d 132.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (KD. 3.15)

Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  VII/2
Alokasi Waktu   :  8 JP


A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian A:
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
Indikator
  • Menentukan unsur-unsur buku fiksi.
  • Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi.
  • Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.

Bagian B:
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur perihal isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
Indikator
  • Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan.
  • Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku.
  • Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi.

Bagian C:
3.16 Menelaah kekerabatan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Indikator
  • Menelaah unsur buku fiksi yang sanggup dikomentari.
  • Menelaah unsur buku nonfiksi yang sanggup dikomentari.
  • Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi.

Bagian D:
4.16 Menyajikan jawaban terhadap isi buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
Indikator
  • Membuat komentar perihal buku fiksi yang dibaca.
  • Membuat komentar perihal buku nonfiksi yang dibaca.


C. Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
  1. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
  • Contoh unsur-unsur buku fiksi
  • Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
  • Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
Keterampilan
  • Praktik merangkum dalam bentuk pemetaan
  • Praktik merangkum dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
  • Praktik merangkum membedakan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
Sikap utama yang ditumbuhkan : peduli, Jujur berkarya, tanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

D.  Kegiatan Pembelajaran
1.   Pendahuluan
  1. Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi mencar ilmu dan mengabsen siswa.
  2. Guru membacakan kisah orang-orang sukses alasannya membaca dan menulis buku.
  3. Guru mengajak siswa bertanya jawab perihal pentingnya membaca buku.
  4. Guru mereview pengalaman siswa dalam membaca buku pada unit 1, 3, dan 4.
  5. Siswa diminta membawa buku yang pernah dibaca dan hasil bacaannya.
  6. Guru mengemukakan tujuan kegiatan.
  7. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  8. Bertanya jawab perihal manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  9. Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

2.      Kegiatan Inti
Pertemuan 1 (4 JP)
  1. Siswa diminta menentukan hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya.
  2. Siswa membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar. Siswa mengecek unsur-unsur buku yang pernah dibaca.
  3. Siswa didorong untuk bertanya perihal cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok.
  4. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya perihal cara merangkum.
  5. Siswa menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama.

Pertemuan 2 (4 JP)
  1. Siswa membaca lagi catatan hasil membaca dan rangkuman yang dibuat.
  2. Siswa didorong untuk bertanya perihal cara mengomentari buku nonfiksi.
  3. Siswa membaca secara individu untuk menggali nformasi sebanyak-banyaknya perihal cara menciptakan komentar.
  4. Siswa membaca bermacam-macam referensi komentar terhadap buku nonfiksi.
  5. Siswa menyimpulkan unsur-unsur yang sanggup dikomentari pada buku.

3.      Penutup
  1. Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  2. Siswa bersama guru melaksanakan indentifikasi keunggulan dan kelemahan acara pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  3. Siswa mendapatkan umpan balik perihal proses pembelajaran.

E. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik       :  Penugasan dan Portofolio
Bentuk      : Pekerjaan rumah dan/atau kiprah yang dikerjakan secara individu dan kelompok dan sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan.
Indikator Soal      : Disajikan buku fiksi dan buku nonfiksi
Kerjakanlah tugas-tugas berikut dengan  Jujur berkarya, bertanggung jawab, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif!
1.      Rangkumlah sebuah buku fiksi dengan Langkah Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok
2.      Rangkumlah sebuah buku nonfiksi yang sudah kau baca dengan Langkah Merangkum dengan Pemetaan Pikiran
3.      Komentari sebuah buku nonfiksi dari segi kelebihan dan kekurangannya. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
·         Apa judul dan tema buku?
·         Apa bidang ilmu yang dibahas dalam buku?
·         Apa garis besar isi buku? Apa isi tiap bab?
·         Apakah buku ditunjang oleh gambar/foto, ilustrasi, tabel. grafik? Apakah cukup membantu memperjelas?
·         Bagaimana penulis merinci menjadi subbab buku? Apakah sistematika gampang diikuti?
·         Apakah bahasanya gampang dipahami?
·         Bagaimana penulis membuka dan mengakhiri tulisannya?
4.      Komentari sebuah buku fiksi dari segi kelebihan dan kekurangannya. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
    • Bagaimana judul dan tema dikembangkan? Apakah ada keunikan?
    • Bagaimana pengarang menyebarkan latar cerita?
    • Bagaimana pengarang menyebarkan tokoh dan tabiat tokoh?
    • Bagaimana pilihan kata yang dipakai pengarang?
    • Apakah kalimat-kalimatnya mempunyai keunikan dan kekuatan untuk membangun cerita?
    • Tokoh mana yang paling kau sukai dan mengapa?

Rubrik evaluasi dan penskoran: terlampir

      2.   Pembelajaran Remedial
Aktivitas acara pembelajaran remedial, yang sanggup berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, mencar ilmu kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan acara pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

3.   PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.   Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media/alat : Buku Fiksi dan Nonfiksi, Infokus.
  2. Bahan :
·   Contoh unsur-unsur buku fiksi
·   Contoh unsur-unsur buku nonfiksi
·   Contoh persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi
  1. Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2019.Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 275 s.d 294.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2019.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII.Halaman 133 s.d 138.






= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "√ Pola Rpp Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester 2 Revisi 2019 Kd 4.14 Dan 31.5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel