√ Ajaran – Juknis Inobel Guru Sd Tahun 2019

Pendidikan merupakan upaya sadar seluruh pihak untuk berbagi potensi penerima didik s √ PEDOMAN – JUKNIS INOBEL GURU SD TAHUN 2019

Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019. Pendidikan merupakan upaya sadar seluruh pihak untuk berbagi potensi penerima didik sesuai dengan keunikannya sehingga bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang semakin berkembang pada era ke-21. Pendidikan era 21 menuntut guru sebagai ujung tombak pendidikan pada setiap jenjang pendidikan di antaranya jenjang sekolah dasar (SD) untuk menghasilkan  generasi yang literat,  kompeten, dan berkarakter. Guru harus mempunyai kreativitas dalam berbagi pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik penerima didik dan bahan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan penerima didik dalam berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi  guru khususnya guru SD diwujudkan melalui pclaksanaan Lomba Karya lnovasi Pembelajaran Guru SD (Inobel SD).

Inobel Guru SD 2019 merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru SD sesuai dengan kekhasan pada jenjang SD, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran  yang  telah  dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karakteristik penerima didik termasuk anak berkebutuhan khusus. Suatu penemuan yang sanggup membantu  memecahkan permasalahan  pembelajaran  diharapkan  dapat  meningkatkan kualitas proses dan kuman mencar ilmu yang bermutu semoga penerima didik sanggup berbagi potensinya dan menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan era 21. Melalui perlombaan ini, karya­karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dijadikan sebagai referensi bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD.

Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019 ini dibutuhkan sanggup menjadi pola bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, SD (SD),  Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru  Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK),  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Ino'vasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.

Tema Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD  SD Tingkat Nasional  Tahun  2019 menurut Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019 adalah  "lnovasi  Pembelajaran  untuk  Meningkatkan  Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0".

Ruang  lingkup  kegiatan Perlombaan  Karya  Inovasi Pembelajaran bagi  Guru  SD Tingkat Nasional Tahun 2019 menurut Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019 berisi wacana pengalaman pembelajaran/layanan terbaik yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaruan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil mencar ilmu siswa. Hasil penemuan dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id

Perlombaan  Karya  Inovasi Pembelajaran ini ditujukan untuk guru dalam tiga kategori, yaitu:
1. Guru yang melaksanakan penemuan pembelajaran tematik integratif, memakai aba-aba GTI;
2. Guru Kelas yang melaksanakan penemuan pembelajaran Matematika, memakai aba-aba GKM.
3. Guru yang melaksanakan penemuan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, memakai aba-aba GPI

Persyaratan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional  Tahun 2019. Berdasarkan Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019, dalam lomba Inobel SD Tahun 2019 ada Persyaratan Peserta dan Persyaratan Karya dan Persyaratan Naskah Inovasi Pembelajaran yang harus dipenuhi, yakni
1. Persyaratan Peserta
Persyaratan penerima Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional (Inobel Guru SD) Tahun 2019:
a. Persyaratan  kelengkapan  pindaian  (scan)  yang  diunggah  pada  halamanadministrasi:
1) Bukti Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
2) Bukti kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan pindaian fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh atasan;
3) Bukti surat  pernyataan tidak  sedang  dalam tugas  belajar yang didanai Pemerintah (lihat Lampiran 4).
4) Bukti surat keterangan dari kepala sekolah bahwa guru tersebut mengajar anak berkebutuhan khusus, bagi penerima kategori GPI (lihat Lampiran 5).
5) Karya penemuan pembelajaran bukan merupakan kiprah final studi, skripsi, tesis, atau disertasi (lihat lampiran 4).

2. Persyaratan Karya
Karya yang diikutsertakan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran harus memenuhi syarat sebagai berikut:
a. Bersifat individual;
b. Satu guru hanya boich mengajukan satu karya Inobel;
c. Orisinal;
d. Telah diimplementasikan pada proses pcmbelajaran dan sudah ada balasannya maksimal dua tahun terakhir;
e. Belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis baik secara nasional maupun intemasional; dan
f. Bukan merupakan karya dalam penyelesaian kiprah final studi, skripsi, tesis, atau di sertasi.

3. Persyaratan Naskah
a. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Tahun 2019 dengan ketentuan isi naskah maksimal 40 halaman, spasi 1,5, abjad  times new roman ukuran 12.
b. Karya Inovasi Pembelajaran yang dikirim berupa naskah dalam bentuk softcopy secara daring ke laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id

Link Download Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019 ---DISINI

Demikian gosip wacana Pedoman – Juknis Inobel Guru SD Tahun 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "√ Ajaran – Juknis Inobel Guru Sd Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel