√ Kisi – Kisi Soal Usbn Matematika Sd Tahun 2019 (Ktsp Dan Kurikulum 2013)

KISI – KISI SOAL USBN MATEMATIKA SD TAHUN 2019 (TAHUN PELAJARAN 2019/2019)


Kisi – Kisi Soal USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 (Tahun Pelajaran 2019/2019). Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN)  merupakan  ujian  akhir  dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Oleh alasannya yakni hasil USBN memilih kelulusan dari satuan pendidikan maka soal USBN dibutuhkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memperlihatkan informasi yang valid dan objektif.  Soal ujian yang kurang baik memperlihatkan informasi yang tidak sesuai dengan capaian siswa sehingga sanggup merugikan siswa dan memperlihatkan informasi yang tidak sempurna atau  menyesatkan  untuk  pengambil  keputusan.  Penulisan  soal  USBN  menjadi kritikal  karena  ditulis  oleh  guru  pada  masing-masing  satuan  pendidikan.  Dalam usaha  meningkatkan  kualitas  soal  USBN  perlu  dijelaskan  tahapan  yang  harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. 

Seperti  telah  diketahui  sejak  tahun pelajaran  2019/2019,  ujian  satuan  pendidikan  pada  beberapa  mata  pelajaran ditingkatkan  menjadi  Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN)  pada  jenjang SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan pada jenjang SD/MI USBN gres diterapkan pada  tahun  pelajaran  2019/2019.  Penyusunan  soal  USBN  berdasarkan  kisi-kisi yang  ditetapkan  BSNP.  Pada  beberapa  mata  pelajaran,  20%  -  25%  soal  USBN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun oleh  pendidik  yang  selanjutnya  dikonsolidasikan  di  KKG/MGMP.

Penilaian  melalui  USBN  merupakan  penilaian  yang  terstandar.  Untuk penilaian  terstandar,  harus  ada  acuan  yang  sama,  baik  dalam  penyusunan  soal maupun dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian  yang menjadi contoh yakni Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Dalam penyusunan soal, yang menjadi contoh yakni kisi-kisi USBN yang disusun menurut kriteria pencapaian Standar  Kompetensi  Lulusan,  Standar  Isi,  dan  kurikulum  yang  berlaku.  Namun kisi-kisi USBN hanya merupakan awal dari pengembangan soal USBN, beberapa langkah  yang  perlu  ditempuh  untuk  memperoleh  soal  USBN  yang  berkualitas yakni: Penyusunan indikator soal, Penulisan soal, Penelaahan Soal dan Perakitan soal.

Kisi-kisi Soal merupakan suatu pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi Soal USBN SD yang ditetapkan oleh BSNP dikembangkan menurut kurikulum SD / MI yang berlaku, yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Format Kisi-kisi Soal USBN SD berisi lingkup  materi  dan  level  kognitif.    Proses  penyusunan  kisi-kisi  USBN  dimulai dengan menganalisis kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum suatu mata pelajaran.  Semua  materi  kemudian  dikelompokkan  menjadi  beberapa  lingkup materi. Materi yang tercakup dalam setiap lingkup materi dipetakan ke dalam tiga level  kognitif,  yaitu  pengetahuan,  aplikasi,  dan  penalaran.  Pemetaan  materi  ke dalam level kognitif diubahsuaikan dengan kompetensi dasar dalam kurikulum.

Sebagai Panduan penyusunan soal USBN IPA SD 2019 berikut ini Kisi – Kisi Soal USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 (Tahun Pelajaran 2019/2019. Kisi-kisi Kisi USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 ini merupakan kisi-kisi USBN yang diterbitkan BSNP. Dalam Kisi-kisi Kisi USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 antara Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 dijadikan satu atau irisan dari kedua kurikulum tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan download Kisi-kisi Soal USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 ini.


Kisi – Kisi Soal USBN Matematika SD Tahun 2019



Demikian info wacana Kisi – Kisi Soal USBN Matematika SD (MI) Tahun 2019 (Tahun Pelajaran 2019/2019. Semoga bermanfaat dan sanggup dijadikan materi persiapan untuk penyusunan soal USBN di masing-masing KKG.




Belum ada Komentar untuk "√ Kisi – Kisi Soal Usbn Matematika Sd Tahun 2019 (Ktsp Dan Kurikulum 2013)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel